Mempermudah Pelayanan BPJS Melalui Digitalisasi

 

        APA ITU BPJS ?

    Mendengar kata BPJS bagi sebagian orang mungkin tidaklah awam namun bagi beberapa orang masih hanya sekedar mengenal namanya saja BPJS / sering disebut bantuan jaminan kesehatan,karena banyak warga kaum menengah kebawah yang kurang mendapat sosialisasi mengenai apa itu BPJS dan bagaimana cara mendaftarnya atau bagiamana proses mengurus dan menggunakannya.Nah apasih BPJS ?, BPJS sendiri yaitu badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan jaminan sosial dengan tujuan terselenggaranya jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi peserta dan atau anggota keluarga. Kurangnya pemahaman ini yang membuat banyak warga yang masih bingung dan enggan berusaha untuk mendapat BPJS meskipun sangat membutuhkan,di tambah kurangngnya peran dari perangkat desa tentang hal ini, seharusnya para perangkat desa yang menjadi dasar sosialisasi terhadap warga sekitar yang jauh lebih mengetahui keadaan warganya justru memilih tidak mau tau.Bahkan ada yang menggunakan kekusaannya dengan bertindak tidak adil terhadap warganya kecuali mereka dari kalangan orang-orang kaya dan memiliki relasi dengan para aparat desa. Begitu disayangkan adanya keadaan seperti itu dimana seharusnya dana bantuan bisa di salurkan kepada orang yang benar-benar membutuhkan justru jatuh ke tangan yang salah karena oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Di era digital ini diharapkan semua bisa berlangsung lebih mudah dalam hal pemberian bantuan sehingga dapat tersalurkan dengan tepat dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.

 

        APA SIH MASALAH YANG PERLU DIPERHATIKAN ?

·         Bagaimana menjangkau orang-orang di Desa tertinggal tentang BPJS melalui teknologi ?

·         Menjelaskan peran internet untuk mendaftar BPJS ?

·         Bagaimana memperkenalkan BPJS melalui teknologi ?

 

        HAL APAKAH YANG PERLU DILAKUKAN ?

    Apa sih yang harus dilakukan ?, karena ini bertema digitalisasi yang pasti perlu mengenalkan apa itu teknologi dan seperti apa itu digitalisasi. Untuk orang yang sudah lanjut usia mungkin akan sangat sulit tapi mereka pasti punya anak atau cucu bukan ?! tak mungkin sekali di era ini yang dimana tiktok, youtube, facebook dll. sangat amat digemari tak diketahui oleh anak-jaman sekarang. Jadi, bukan masalah lagi untuk memberi mereka sosialisasi mengenai apa itu BPJS. Dengan begitu tidak ada alasan tidak bisa teknologi atau bahkan GAPTEK.

     Fokusnya disini bukan lagi pada bagaimana media penyampainnya, tetapi bagaimana menyampaikan pesan tersebut dengan melalui anak/cucu di dalam keluarga untuk ikut berperan dalam menyukseskan hal tersebut. Tak jarang dari mereka yang enggan ikut serta karena berbagai alasan, karena menarik minat anak muda untuk bekecimpung dalam hal ini tidaklah mudah terlebih dimana ini bukan menyangkut diri mereka sendiri dan terkadang terkesan merepotkan bagi mereka yang kurang peduli akan hal seperti ini. Mungkin dengan membuat acara seminar yang menarik penjelasan yang mudah dan pemberi materi yang muda dan energik bisa menjadi salah satu cara, bisa juga acaranya di kemas secara menyenangkan dimana ada games mengenai apa yang dibahas misalnya kuis-kuis singkat yang menambah wawasan mereka mengenai BPJS. Membuat games yang membuat mereka semakin memahami apa itu BPJS dan bagaimana prosesnya, karena tak jarang dengan hal-hal seperti ini jauh mudah di ingat daripada penyampaian melalui slide yang terkesan monoton. Ada juga yang menganggap BPJS itu ribet, mungkin bisa merubah pola pikir itu dengan adanya digtalisasi. Misalnya dulu sebelum era digital ini apa-apa harus tatap muka dan harus datang ke tempat,sekarang hanya perlu klik aplikasi dan semuanya beres, sehingga memudahkan mereka-mereka yang jauh dari kantor BPJS merasa dimudahkan.

     Mungkin perlu dibuat aplikasi BPJS dimana bisa diakses dari mana saja. Sehingga dengan adanya aplikasi orang hanya cukup duduk dirumah, dan mengirim berkas-berkasnya dari rumah saja sudah cukup tak perlu lagi mengantri. Pelayanan lebih cepat dan lebih mudah, diharapkan juga untuk admin bisa memberi respon yang cepat kepada para pendaftar sehingga mempercepat pelayanan. Dan juga untuk para calon pasien bisa mencari tau dimana rumah sakit yang terdekat dan melayani BPJS melalui aplikasinya, sehingga tak perlu lagi di pontang-pantingkan mencari rumah sakit, masa iya orang sakit masih di suruh bolak-balik untuk sekedar mencari rumah sakit dengan pelayanan BPJS, belum lagi kadang kamar yang tidak tersedia. Hal-hal seperti ini yang kadang membuat orang enggan memilih jalur BPJS bukanya selamat tambah parah mungkin iya. Kalo ada aplikasi mungkin jauh lebih bisa di untungkan dan ada beberapa aspek yang bisa diunggulkan dalam hal pelayanan. Sehingga mindser orang tentang BPJS itu pelayannya lama menjadi berkurang dan orang tidak perlu risau. Dengan membuat aplikasi dimana dari aplikasi itu orang dapat melihat lokasi rumah sakit terdekat, ketersediaan kamar, selain itu calon pasien bisa langsung konfirmasi dengan pihak rumah sakit dengan melalui aplikasi. Diharapkan tidak ada lagi orang yang tidak tertangani karena menggunakan BPJS.

 

           KESIMPULAN

    Dari apa yang tertulis diatas merupakan apa yang terjadi dan sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat terutama keluarga menengah kebawah, dari beberapa keluhan tersebut diperlukan beberapa alternatif saran-saran yang mungkin bisa digunakan,karena tidak semua daerah mudah dijangkau dan mudah menerima informasi terbaru. Diharapkan semoga di era digital ini BPJS lebih bisa meningkatkan pelayanan kesehatan,memberikan informasi dengan lebih mudah,cepat dan menjadi jalan bagi mereka-mereka yang mebutuhkan serta dana bisa tersalurkan kepada orang yang tepat. Terimakasih...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keluh Kesah Sarjana Freshgraduate