Mempermudah Pelayanan BPJS Melalui Digitalisasi
APA
ITU BPJS ?
Mendengar
kata BPJS bagi sebagian orang mungkin tidaklah awam namun bagi beberapa orang
masih hanya sekedar mengenal namanya saja BPJS / sering disebut bantuan jaminan
kesehatan,karena banyak warga kaum menengah kebawah yang kurang mendapat
sosialisasi mengenai apa itu BPJS dan bagaimana cara mendaftarnya atau bagiamana
proses mengurus dan menggunakannya.Nah
apasih BPJS ?, BPJS sendiri yaitu badan hukum yang dibentuk untuk
menyelenggarakan jaminan sosial dengan tujuan terselenggaranya jaminan
terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi peserta dan atau anggota keluarga.
Kurangnya pemahaman ini yang membuat banyak warga yang masih bingung dan enggan
berusaha untuk mendapat BPJS meskipun sangat membutuhkan,di tambah kurangngnya
peran dari perangkat desa tentang hal ini, seharusnya para perangkat desa yang
menjadi dasar sosialisasi terhadap warga sekitar yang jauh lebih mengetahui
keadaan warganya justru memilih tidak mau tau.Bahkan ada yang menggunakan
kekusaannya dengan bertindak tidak adil terhadap warganya kecuali mereka dari
kalangan orang-orang kaya dan memiliki relasi dengan para aparat desa. Begitu
disayangkan adanya keadaan seperti itu dimana seharusnya dana bantuan bisa di
salurkan kepada orang yang benar-benar membutuhkan justru jatuh ke tangan yang
salah karena oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Di era digital ini diharapkan
semua bisa berlangsung lebih mudah dalam hal pemberian bantuan sehingga dapat
tersalurkan dengan tepat dengan bantuan teknologi yang semakin canggih.
APA SIH MASALAH YANG PERLU DIPERHATIKAN ?
·
Bagaimana
menjangkau orang-orang di Desa tertinggal tentang BPJS melalui teknologi ?
·
Menjelaskan
peran internet untuk mendaftar BPJS ?
·
Bagaimana
memperkenalkan BPJS melalui teknologi ?
HAL APAKAH YANG PERLU DILAKUKAN ?
Apa sih yang harus dilakukan ?, karena ini bertema digitalisasi yang pasti perlu mengenalkan apa itu teknologi dan seperti apa itu digitalisasi. Untuk orang yang sudah lanjut usia mungkin akan sangat sulit tapi mereka pasti punya anak atau cucu bukan ?! tak mungkin sekali di era ini yang dimana tiktok, youtube, facebook dll. sangat amat digemari tak diketahui oleh anak-jaman sekarang. Jadi, bukan masalah lagi untuk memberi mereka sosialisasi mengenai apa itu BPJS. Dengan begitu tidak ada alasan tidak bisa teknologi atau bahkan GAPTEK.
Fokusnya disini bukan lagi pada bagaimana media penyampainnya, tetapi bagaimana menyampaikan pesan tersebut dengan melalui anak/cucu di dalam keluarga untuk ikut berperan dalam menyukseskan hal tersebut. Tak jarang dari mereka yang enggan ikut serta karena berbagai alasan, karena menarik minat anak muda untuk bekecimpung dalam hal ini tidaklah mudah terlebih dimana ini bukan menyangkut diri mereka sendiri dan terkadang terkesan merepotkan bagi mereka yang kurang peduli akan hal seperti ini. Mungkin dengan membuat acara seminar yang menarik penjelasan yang mudah dan pemberi materi yang muda dan energik bisa menjadi salah satu cara, bisa juga acaranya di kemas secara menyenangkan dimana ada games mengenai apa yang dibahas misalnya kuis-kuis singkat yang menambah wawasan mereka mengenai BPJS. Membuat games yang membuat mereka semakin memahami apa itu BPJS dan bagaimana prosesnya, karena tak jarang dengan hal-hal seperti ini jauh mudah di ingat daripada penyampaian melalui slide yang terkesan monoton. Ada juga yang menganggap BPJS itu ribet, mungkin bisa merubah pola pikir itu dengan adanya digtalisasi. Misalnya dulu sebelum era digital ini apa-apa harus tatap muka dan harus datang ke tempat,sekarang hanya perlu klik aplikasi dan semuanya beres, sehingga memudahkan mereka-mereka yang jauh dari kantor BPJS merasa dimudahkan.
Mungkin perlu
dibuat aplikasi BPJS dimana bisa diakses dari mana saja. Sehingga dengan adanya
aplikasi orang hanya cukup duduk dirumah, dan mengirim berkas-berkasnya dari
rumah saja sudah cukup tak perlu lagi mengantri. Pelayanan lebih cepat dan
lebih mudah, diharapkan juga untuk admin bisa memberi respon yang cepat kepada
para pendaftar sehingga mempercepat pelayanan. Dan juga untuk para calon pasien
bisa mencari tau dimana rumah sakit yang terdekat dan melayani BPJS melalui
aplikasinya, sehingga tak perlu lagi di pontang-pantingkan mencari rumah sakit,
masa iya orang sakit masih di suruh bolak-balik untuk sekedar mencari rumah sakit
dengan pelayanan BPJS, belum lagi kadang kamar yang tidak tersedia. Hal-hal
seperti ini yang kadang membuat orang enggan memilih jalur BPJS bukanya selamat
tambah parah mungkin iya. Kalo ada aplikasi mungkin jauh lebih bisa di
untungkan dan ada beberapa aspek yang bisa diunggulkan dalam hal pelayanan. Sehingga
mindser orang tentang BPJS itu pelayannya
lama menjadi berkurang dan orang tidak perlu risau. Dengan membuat aplikasi
dimana dari aplikasi itu orang dapat melihat lokasi rumah sakit terdekat, ketersediaan
kamar, selain itu calon pasien bisa langsung konfirmasi dengan pihak rumah
sakit dengan melalui aplikasi. Diharapkan tidak ada lagi orang yang tidak
tertangani karena menggunakan BPJS.
KESIMPULAN
Dari apa yang tertulis diatas merupakan apa yang terjadi dan sering dikeluhkan oleh banyak masyarakat terutama keluarga menengah kebawah, dari beberapa keluhan tersebut diperlukan beberapa alternatif saran-saran yang mungkin bisa digunakan,karena tidak semua daerah mudah dijangkau dan mudah menerima informasi terbaru. Diharapkan semoga di era digital ini BPJS lebih bisa meningkatkan pelayanan kesehatan,memberikan informasi dengan lebih mudah,cepat dan menjadi jalan bagi mereka-mereka yang mebutuhkan serta dana bisa tersalurkan kepada orang yang tepat. Terimakasih...
Komentar
Posting Komentar